MADE LAMONGAN

Sabtu, 05 September 2009

Ibu Netty

Memang benar Gus Ubaid apa yg anda katakan itu, kami : "sami'na wa ata'na" ; mungkin hrs menjadi bahan kajian kenapa kita sulit untuk mendekati Tuhan dan bermahabbah/cinta kpd Allah. Mungkin dlm salat puasa dan haji kita masih banyak mengandung kekotoran/ penyakit2 hati yg musti disucikan/dibersihkan agar doa, taubat, harapan2 kita bisa hidup aman tentram dpt dikabulkan, shg damai sejahtera dpt tercurah dari langit ke bumi.
Kita sdh sering istighosah tapi hidup bgs Ind tak juga berubah tetap spt di jaman penjajah dahulu kala, tetap miskin dan sengsara? Apa yg salah ya?
Mungkinkah kita perlu berdzikir dan introspeksi kenapa Tuhan tdk menjawab doa2 kita, mungkin kita jauh dariNya shg Dia tdk mendengar keluhan2 kita, ataukah kita telah banyak menyakiti hatiNya shg Dia murka mk gempa bumi, tsunami, angin topan, hujan badai dan air bah, gunung meletus, penyakit flu babi dan flu burung menimpa dunia? Mungkinkah ini akibat dosa2 kita dan menyakiti hatiNya? Ataukah ini krn kita banyak menumpahkan darah thd sesama, benci iri sombong, banyak yg lupa kpd Allah, tdk mensyukuri ni'mat Allah dsb. Marilah banyak beristighfar mohon taufik hidayah ridho inayah mahabbah dan manja dari Allah.
"Dan sungguh Kami telah mengutus (rasul2) kpd umat2 sebelummu, lalu Kami siksa mrk sbg ujian supaya mrk tunduk (kpd Allah) (QS 6:42)
...Dan jika mrk ditimpa kesusahan disebabkan perbuatan tangan mrk sendiri (niscaya mrk ingkar), krn sesungguhnya manusia itu amat ingkar (kpd ni'mat) (QS 42Dg dmik kami bisa mulai memahami kenapa ketika Romo Kyai memberi tausiyah pd hr minggu ba'da subuh itu sering waktu antara beliau memberi kotbah diselingi dg banyak istigfar dan menyebut nama Allah (asmaul husna), dg mengambil kalimat2 Allah dlm Qur'an disertai tangisan histeris para jamaah. Doa yg dpt me-robek2 langit agar didengar Tuhan, memohon ampun dan taubat agar dibersihkan hati ini dari sgl macam penyakit di dlm dada. Subhanallah.
Baru kali ini kami belajar berdoa yg begitu menyayat hati.
Kami jadi heran kenapa kok ada org yg kadang usil memojokkan keberadaan pondok ini. Astagfirullahal adziim. Sebenarnya mrk tdk tahu dan jahil saja. Ampunilah dan maafkanlah

Di pondok ini, di samping salat puasa, zakat dan haji sbgmn dlm Qur'an dan Hadis, juga dipelajari berbuat berbagai amal saleh/kebajikan, yg intinya membuat org lain bahagia (gawe bungahe liyan), membuat hati kita menjadi senang tentram krn telah membahagiakan org lain.
"Bukanlah kebaikan itu menghadapkan wajah kamu ke arah timur dan barat, ttp kebaikan itu adlh barangsiapa yg beriman kpd Allah, hari akhirat, malaikat2, kitab2, nabi2, dan memberikan harta yg dicintainya kpd para kerabat, anak2 yatim, org2 miskin, org yg dlm perjalanan, org2 yg me-minta2, dan membebaskan perbudakan, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan org2yg memenuhi janjinya apbl berjanji, dan org2 yg sabar dlm kesengsaraan, penderitaan dan pd waktu peperangan. Mrk itulah org2 yg benar dan mrk itulah org2 yg bertakwa (QS 2:177)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda