MADE LAMONGAN

Kamis, 24 September 2009

SESUNGGUHNYA iman manusia selalu naik turun, terkadang tiap detik selalu berubah-rubah . tapi naik turunnya iman seseorang tidaklah jauh dari derajatnya di sisi allah .derajat manusia di sisi allah itu paling tidak 4 tingkatan yaitu syariat,thoriqoh,haqiqot,makrifat .
jika hamba allah pada posisi  makrifat bila mangalami penurunan iman tidaklah jauh sebagaimana posisinya dia sekarang . misalnya ; ada orang yang ahli ma'rifat pada allah jika menemui ada orang yang tak di kenal yang sengaja melecehkan tidak langsung naik pitam MEMUKULNYA ,sebagaimana orang akhlaq orang yang baru kenal allah .
iman seseorang itu bertingkat-tingkat , mula -mula dia masih awam, walau dia sudah masuk agama islam bertahun-tahun bahkan sejak kecil tapi untuk mengenal allah sangat MINIM sekali tak ubahnya seorang yang baru saja masuk islam / mua'allaf , itu karena selama hidupnya dalam beribadah kurang sungguh-sungguh atau tak mengerjakan thoriqoh dengan yang di harapkan allah , sehingga walau usia sudah mencapai 50 tahun masih juga belum mengenenal allah atau belum mencapai hakikat, jika mengalami demikian janganlah engkau putus harapan akan kasih sayang allah ,karena kasih sayang allah tak terhingga kepada orang -orang yang mengIMANinya .iman pada allah adalah satu-satunya modal agar bisa masuk SURGA walaupun dia berakhlaq sangat buruk sekali .
manusia bertingkat-tingkat yaitu syaria'at,thoriqoh,haqiqot dan makrifat . Seturun-turunya iman ahli MAKRIFAT tidaklah sampai turun menjadi syari'at , seturun-turunnya imannya walinya allah ( makrifat ) , tidaklah terjadi jika menemui pengemis yang tua dan terlunta-lunta di usirnya / atau hanya di kasih sedekah Rp100 sedangkan dia ahli makrifat punya uang sejuta di bank ,seturun-turunnya iman ahli  makrifat tidaklah mungkin mengusir musafir yang sakit-sakitan yang butuh berteduh sejenak . seturun-turunnya iman walinya allah tidaklah turun DRASTIS menjadi kaum yang berakhlaq sangat rendah seperti binantang sebagaimana akhlaqnya  kaum syariat yang pada posisi terendah ...
GAMBARAN  TURUNNYA IMAN ; misalnya
IMANNYA seorang ahli syariat levelnya 1 s/d 25   !
IMANNYA seorang ahli thoriqoh levelnya 25 s/d 50   !
IMANNYA  seorang ahli hakikat levelnya 50  s/d 75
IMANNYA seorang ahli ma'rifat levelnya  75  s/d  100
jika ahli makrifat mengalami turunnya iman kisaran 78,77 atau seturun-turunnya yaaaaa,,,,kisaran 75 itu sudah poool turunnya , ngak mungkinlah orang yang sudah tingkatan wali yang sudah mencapai level 90 begitu mengalami turun iman langsung turun pada kisaran 15 , itu sih bukan mangalami turunnya iman tetapi DROP nya iman . jika ada seorang wali mengalami DROP imannya itu di luar kebiasaan alias HAQ WENANGNYA ALLAH . dan jika sudah menyeberang ke HAQ WENANG ALLAH janganlah di masukkan dalam konteks umum ( untuk pedoman umat pada umumnya ) .
 iman seorang dari zaman ke zaman selalu mengalami penurunan ,jika nabi muhammad imannya 99 % dan imannya para sahabatnya kisaran tertinggi 95 % ,98 %,97 % itu iman pada zaman rosul .

imannya seangkatan / se zaman wali songo kisaran tertingginya  85 % , 87 % , 88 % ,iman nya seangkatan wali songo emang segitu , ngak mungkinlah imannya wali songo seperti imannya abu bakar as-syiddiq ,ali bin abi tholib ,umar bin khottob,usman bin affan , zubair , tholhah , ...dll .
imanya para waliyullah pada zaman sekarang kisaran kurang lebih 75 % lah pokoknya nagak jauhlah dari angka itu ! mana mungkin walinya allah pada zaman GENDENG ini bisa sama imannya seperti zaman wali songo ,seperti imannya sunan kalijogo ( di namai seperti itu karena sunan topo brotonya di pinggir kali, apakah amalan ini ada dalam al-qur'an dan hadist.....????  )
    '' HAQIQOTNYA ILMU ADALAH JIKA KITA SUDAH MENGAMALKAN ILMU TERSEBUT ''
    '' HAQIQOTNYA DERAJAT ADALAH JIKA KITA SUDAH MENGENAL DIRI KITA LEBIH
      JAUH, LEBIH FAHAM SIAPA KITA DAN BAGAIMANA KITA ?........'''

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda