MADE LAMONGAN

Selasa, 08 September 2009

ORA BISO SAMPURNO syari'ate wong jika tidak ma'rifat ( kenal karo pengerane )
misalnya orang sholat, jika mereka yang sholat belum ma'rifat.
mongko sing di pikirno lan sing di batin dalam sholatnya adalah ora pengerane,
namun ngilingi perkoro-
perkoro sing ono urusane ambek nafsu lan kepentingane sing di senengi .
opo yo iku sing di arani sholat nyembah pengerane ?
kapan iso sampurno sholate jika tidak mengenal allah ?
ORA BISO KENAL PENGERANE KALAU TIDAK MENGERTI AKAN ILMU HAQIQOT
bila dia beribadah , dia tahu betul tujuannya dan faham betul lakunya dan mengerti betul alasannya.kefahamannya dalam mengenali ilmu-ilmunya allah sangatlah dalam . orang ahli haqiqot keyaqinannya sangatlah tinggi dan sangat mantab . jika ahli haqiqot beramal sholih sing di karepno mung ridho e pengerane.wong ahli haqiqot atine lan niyate ora gampang berubah /ATINE ORA GAMPANG MOLAK-MALIK.wong ahli haqiqot lebih condong melihat dirinya sendiri ,lebih condong meneliti seluk beluk siapa dirinya,bagaimana kadar keniatanya dalam ibadah, melihat bersih tidaknya imannya,orang ahli haqiqot banyak memikir qolbunya sendiri. SEDANG JIKA SUDAH SAMPAI MA'RIFAT ORANG TERSEBUT BUKAN LAGI MEMIKIRKAN DIRINYA TAPI SUDAH MEMIKIRKAN KEMAUAN ALLAH , MEMIKIRKAN MAKSUD ALLAH ,MEMIKIRKAN/MENGALI BAGAIMANA SEBENARNYA PERINTAHNYA ( ALLAH ),allah memerintah hambanya yang tertulis dalam AL-QUR'AN .
ORA BISO SAMPAI NANG HAQIQOT JIKA TIDAK MENJALANKAN THORIQOH.
jika ingin tahu bagaimana caranya niat yang benar, bagaimana niat agar lebih mantab, bagaimana agar menjadi orang-orang yang mengerti betul tujuan amal ibadahnya.bagaimana agar ....maka mereka harus menjalankan thoriqoh terlebih dahulu. jenis thoriqoh itu banyak ragamnya dan caranya , baik melalui /masuk pada salah satu thoriqoh mu'tabroh, melalui dzikir-dzikir,melalui sholat,melalui puasa ataupun melalui akhlaq sing apik ( tingkah laku )....dll.
ORA BISO NGELAKONI THORIQOH ,jika tidak terlebih dahulu mengenal ajaran-ajaran yang di bawah nabi muhammad saw. yaitu ajaran syari'at, adanya perintah dan adanya larangan allah ,adanya surga dan neraka , adanya urip sing mulyo dunia akhirot lan menjanjikan akan sebuah hidup yang lebih baik.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]



<< Beranda